PENTINGNYA PENGATURAN ARUS KAS BAGI PERUSAHAAN

Apa yang dimaksud dengan laporan arus kas? Sebagai pelaku bisnis Anda harus memahami arus kas, bukan hanya seorang akuntan saja.

Laporan arus kas (cash flow) memiliki pengaruh yang sangat penting bagi bisnis Anda. Dengan adanya laporan keuangan  ini, Anda akan mengetahui kondisi perusahaan Anda dalam kondisi untung atau rugi.

Biasanya, laporan ini memberikan informasi tentang jumlah pemasukan dan pengeluaran kas perusahaan dalam periode tertentu.

arus kas adalah sebuah perincian yang menunjukkan jumlah pemasukan dan pengeluaran dalam suatu periode tertentu.

Arus kas dalam keuangan bisnis dan keluarga memiliki sedikit perbedaan. Jika keuangan keluarga arus kas yang dimaksud adalah cash basis.

Sedangkan, dalam keuangan bisnis terdapat cash basis dan accural basis.

Biasanya, laporan ini meliputi jumlah kas yang diterima.

            Banyak bisnis yang gagal karna tidak mengatur laporan arus kasnya dengan benar. Biasanya di tahun tahun pertama usaha berjalan banyak perusahaan yang tidak peduli dan membiarkan masalah sepele yang terjadi terus menerus sehingga menjadi masalah besar yang menyulitkan perusahaan dan menyebabkan kegagalan pada bisnis. Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam mengatur arus kas :

  1. Tentukan Budget dan Break Even Point

Menentukan BEP dalam usaha, akan sangat membantu dalam mengatur arus kas perusahaan. Tujuannya adalah untuk mencapai target lebih awal dan dapat digunakan dalam memproyeksikan arus kas selanjutnya.

2. Fokus pada manajemen arus kas yang baik

Pastikan Anda fokus saat melakukan pengaturan arus kas terutama yang berkaitan dengan manajemen pengaturannya. Apabila perusahaan sudah mencapai BEP, jika memang manajemen Anda baik maka keuntungan bisa dimasukkan ke arus kas tersebut untuk keperluan berikutnya. Sedangkan jika belum, Anda sepertinya perlu melakukan evaluasi agar pengeluaran tidak terlalu membengkak.

3. Tingkatkan laba penjualan

Salah satu cara untuk melakukan evaluasi apabila break even point tidak tercapai adalah dengan meningkatkan laba penjualan. Cara ini bisa sangat berpengaruh kepada arus kas yang dapat mengarah ke sisi positif dengan bertambahnya laba penjualan.

4. Dorong pelanggan untuk membayar tagihan lebih cepat

Faktor lain yang dapat “menghambat” arus kas adalah keterlambatan konsumen yang membayar tagihan atau piutang. Sebaiknya, Anda terapkan jangka waktu minimal pembayaran, misalnya mulai 10 hari, 30 hari atau 60 hari.

5. Pantau aktivitas kas dengan software akuntansi

Hal akhir yang harus di lakukan adalah dengan memantau secara berkala pengaturan arus kas. Memang dalam melakukan pengamatan dibutuhkan ketelitian agar tidak terjadi kesalahan apapun. Apalagi secara manual.

Agar perusahaan dapat melakukan pengamatan secara realtime, perusahaan bisa menggunakan software yang dirancang untuk pengaturan arus kas seperti Zahir Accounting. Zahir dapat meminimalisisr kesalahan dan juga lebih mudah dan cepat untuk mencapai target usaha Anda.

Oleh karena itu, perusahaan dapat menggunakan software akuntansi yang dirancang untuk pengaturan arus kas seperti Software Zahir Accounting. Dengan menggunakan Accounting, kesalahan perusahaan dalam pembukuan dapat diminimalisir.

Selamat datang di Zahir Chat aja