TIPS MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN BAGI PELAKU USAHA

Hallo Sobat Dahzyat

Laporan keuangan memegang peranan penting dalam operasional  usaha. Jadi kita harus paham cara membuat laporan keuangan.

Tidak peduli seberapa kecil usaha yang dijalankan harus ada laporan keuangan di dalamnya. Namun jika usaha sudah berskala besar maka harus dipastikan ada laporan keuangannya. Selain, mempelancar administrasi, juga memudahkan mengelola keuangan perusahaan.

Laporan keuangan adalah ringkasan atau catatan dari keseluruhan transaksi dalam satu priode akuntansi atau satu tahun pembukuan sebuah perusahaan.

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana dengan Mudah

Untuk pemula, bisa dengan cara membuat laporan keuangan manual. Mencatat di buku catatan khusus untuk setiap jenis transaksi yang dilakukan. Namun jika tetap kesusahan, bisa dibantu dengan Software Keuangan yang dapat dioperasikan secara otomatis.

Berikut ini cara membuat laporan keuangan sederhana yang mudah dan bisa Anda coba.

1. Membuat Laporan Khusus Pengeluaran

 Di buku ini, Anda bisa mencatat setiap pengeluaran sekecil apapun. Akan lebih baik    jika buku catatan pengeluaran ini sudah Anda miliki sebelum usaha mulai berjalan.

2. Membuat Buku Khusus Pemasukan

Bukan hanya pengeluaran saja yang penting untuk dicatat, ya! Segala bentuk pemasukan pun wajib dicatat. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengawasi keseimbangan usaha yang tengah berjalan. Anda akan sangat membutuhkan catatan ini di akhir bulan, akhir kuartal dan juga akhir tahun. Jadi pastikan Anda mencatat semua pemasukan setiap hari. Termasuk juga dengan utang yang sudah dilunasi.

3. Membuat Buku Catatan Stok Barang

Sebagai pelaku bisnis, Anda tidak hanya berkewajiban memantau arus keuangan. Keluar-masuknya barang pun wajib diawasi dan dilakukan pencatatan.Oleh sebab itu Anda harus membuat buku catatan khusus stok barang. Bisa dibilang bahwa buku stok ini laporan keuangan paling simple, karena tidak mencatat keuangan.

4. Membuat Buku Catatan Inventaris

Buku ini berisi catatan atas semua barang yang dimiliki oleh perusahaan yang Anda jalankan. Baik barang yang Anda beli ataupun yang diperoleh dari hibah kemudian dirawat.

Fungsi dari pencatatan ini yaitu untuk dijadikan dasar identifikasi stabilitas perusahaan. Anda akan sangat memerlukan catatan ini untuk laporan keuangan pada akhir periode.

5. Membuat Rangkuman Catatan Kas Utama

Cara membuat laporan keuangan sederhana yang terakhir yaitu dengan merangkum kas utama. Buku ini sangat penting untuk Anda buat, karena bukan hanya memberikan data, tetapi juga sebagai dasar laporan keuangan. Dalam rangkuman catatan ini, berisi seluruh pemasukan dan pengeluaran, baik berupa barang maupun uang. Dari catatan inilah Anda bisa melihat keuntungan ataupun kerugian yang dialami perusahaan.

Setiap jenis usaha dalam berbagai skala, wajib menyusun laporan keuangan. Karna dari laporan keuangan ini lah kita bisa mengidentifikasi kondisin dinansial dam performa usaha dalam satu priode. Sehingga  penggunaan software akuntansi Zahir menjadi pilihan yang harus bagi perusahaan. Dari laporan tersebut lah seorang pengusaha dapat mengambil keputusan berkaitan dengan usahanya dimasa yang akan datang.

Hubungi Direct Marketing Kami di +62811 6692 888 atau Chat WA untuk Konsultasi

Note : Untuk pemesanan Zahir Accounting. Klik link Berikut ini

Selamat datang di Zahir Chat aja