Macam Macam Transaksi Perusahaan Jasa

Hallo Sobat Dahsyat….

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi mendengar tentang perusahaan jasa, bukan? Perusahaan jasa sering ditemui dalam kegiatan sehari-hari. Unsur paling utama dan penting dalam perusahaan jasa adalah sistem pelayanan yang diberikan kepada konsumen. 

Perusahaan jasa merupakan sebuah perusahaan yang didirikan seseorang atau sekelompok orang yang aktivitas utama bisnisnya bergerak dalam bidang pelayanan jasa atau menjual jasa.

MACAM MACAM TRANSAKSI PERUSAHAAN JASA

  • Transaksi pembelian

Transaksi pembelian yang sering dan pasti dilakukan oleh perusahaan jasa yaitu berupa pembelian peralatan dan perlengkapan kerja.

Untuk memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan maka perusahaan wajib menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk mendukung operasionalnya.

Setiap transaksi pembelian harus dicatat dengan baik dan benar karena dalam waktu kedepan, perusahaan akan mencatat transaksi lain yang berhubungan dengan transaksi pembelian yang dilakukan.

  • Pendapatan

Seperti halnya perusahaan lain, perusahaan jasa dibuka juga dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.

Pendapatan dari perusahaan jasa yakni pendapatan dari layanan yang telah diberikan.

Oleh karena itu, para pengusaha jasa akan selalu mencoba memberikan layanan yang terbaik, sehingga pelanggan merasa puas dan bisnis terus beroperasi.

Transaksi pendapatan juga wajib dicatat dalam pembukuan perusahaan baik dalam bentuk tunai maupun kredit.

  • Pembayaran beban-beban

Selain mengeluarkan uang untuk membeli keperluan seperti peralatan dan perlengkapan, untuk menunjang operasionalnya perusahaan jasa juga mengeluarkan beban.

Adapun beban-beban tersebut merupakan suatu kewajiban sehingga Anda harus membayarnya.

  • Penerimaan piutang

Penjualan atau jika di perusahaan jasa yakni pemberian layanan yang dilakukan secara kredit akan menimbulkan piutang.

Sesuai dengan kebijakan atau kesepakatan yang dilakukan dengan pembeli maka konsumen dengan tagihan piutang akan melunasi pembayaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Sehingga pada waktu pelunasan piutang, perusahaan juga harus mencatatnya.

  • Penanaman dan pengembalian modal dan investasi

Suatu perusahaan pertama kali saat didirikan pasti ada setoran modal dari pemilik atau pun investor. Semua investasi juga harus dicatat dengan baik. Apalagi jika dana atau modal yang diperoleh dari pihak lain. Dengan demikian pembagian hasil dan pengembaliannya jelas.

Untuk memudahkan anda dalam melakukan transaksi perusahaan jasa yang sedang anda pimpin, sudah sebaiknya anda menggunakan software akuntansi seperti Zahir Accounting yang fitur fitur nya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Zahir Accounting juga sudah bisa digunakan untuk perusahaan jasa. Jadi, yuk gunakan Zahir Accounting untuk mempermudah transaksi perusahaan jasa anda.

Hubungi Direct Marketing Kami di +62811 6692 888 atau Chat WA untuk Konsultasi


Konsultasikan

Selamat datang di Zahir Chat aja